Maaf bagi sebagian orang ini ilmu sudah basi banget, tapi setidaknya bisa berguna buat saya sendiri.

Kisah sedihku berawal ketika tiba tiba laptop saya tidak bisa browsing walaupun sudah terhubung ke internet, pada tulisan di wifi  Internet Acces, namun pada saat kita mengetik alamat di browser alamat tidak ditemukan. sederhana tapi cukup menjengkelkan, Sesuai anjuran senior saya kanda Suryadi Syamsu seorang IT Consultant di Smart Inovasi, Dosen di STMIK AKBA Makassar dan IT Coordinator di ICT Center FK Unhas( http://suryadisyamsu.info dan http://smartinovasi.com), dan juga seorang penulis buku jaringan dan penerapannya diterbitkan hasil kerjasama antara stimik akba dan penerbit andi, selamat kanda atas keikhlasannya berbagi ilmu. danjuga saya mendapat pencerahan ilmu baru bersama senior saya yang lain mas ivul ji, kawan lama waktu masih hidup di makassar, dan sekaligus teman kost😀.

Alhamdulillah, berkat petunjuk dari mereka berdua saya bisa mengambil kesimpulan

  1. Jika betul laptop sudah terhubung ke wifi tapi tidak bisa browsing, liat dulu apakah ada tanda seru di wifi ? kalau ada selesaikan dulu bisa dengan cara menyamakan class ip dengan modem atau wifi atau sekalian mereka membuat dhcp atau pilih obtain address alias tidak membuat ip secara manual. jika sudah tidak berwarna kuning baru lanjut ke tahap yang kedua
  2. matikan proxy di web browser yang kita gunakan dengan memilih no proxy atau kalau menggunakan proxy perhatikan settingannya yang sudah diatur oleh admin. masing-masing pengaturan browser bisa berbeda.
  3. lihat atau offkan setting firewall,
  4. lihat juga antivirus atau aplikasi yang melakukan blok gateway biasax ada virus atau aplikasi tertentu
  5. semua langkah diatas sudah saya lakukan dengan baik tapi tetap aja tidak mau,
  6. akhirnya saya melangkah kesini,
    1. Klik Start di pojok kiri bawah monitor >>> Cari Menu All Program
    2. Kemudian buka Accessories dan cari menu Command Prompt kemudian klik kanan dan pilih Run as administrator setelah itu ketik >>> netsh int ip reset resetlog.txt >>> dan tekan ENTER.
    3. Setelah itu ketik >>> netsh winsock reset >>> dan tekan ENTER
    4. Restart komputer atau laptop anda
    5. Coba buka internetnya, Semoga sukses🙂

    ini penjelasannya tentang langkah ke 6 tersebut diatas

  7. Koneksi internet bagus tapi tidak bisa browsing bisa saja disebabkan oleh virus, jadi solusi pertama, cobalah scan komputer atau laptop anda dengan antivirus dengan update terbaru. Kalau solusi pertama tersebut tidak bisa menyelesaikan masalah, bisa dipastikan Winsock windows komputer atau laptop anda yang corupt, WINSOCK atau Windows socket API adalah sebuah mekanisme yang menyediakan sarana komunikasi antar komputer dalam jaringan.Ternyata masalahnya ada di winsock yang corrupt. Menurut wiki, Windows socket API disingkat Winsock merupakan sebuah mekanisme interprocess communication (IPC) yang menyediakan sarana komunikasi dua arah berorientasi koneksi (connection-oriented) atau komunikasi tanpa koneksi (connectionless) antara proses-proses di dalam dua komputer di dalam sebuah jaringan. Windows socket adalah salah satu implementasi yang dilakukan oleh Microsoft terhadap system call Berkeley Sockets yang digunakan untuk mengakses layanan sesi dan datagram melalui protokol TCP/IP. Selain oleh TCP/IP, Winsock juga dapat digunakan oleh NWLink, dan AppleTalk.

mudah-mudahan lain kali saya gak lupa lagi kalau nemuin kasus kayak gini. akhirnya nemuin cara manipulasi mac adress dan hehhe ternyata berhasil mungkin hikmahnya berpusing-pusing ria tadi pagi