Sebenarnya seh malu juga nulis ini, tapi sungguh sangat terpaksa, kenapa terpaksa karena ada orderan untuk membuat file yang terproteksi. Saya sangat menghargai sekaligus gembira karena usaha Pox untuk membuat modul praktek  Myob Accounting versi 18 yang akan digunakan untuk modul praktek mahasiswa akuntansi pada universitas UNM makassar. Sebenarnya saya lelah secara fisik dan mental… (ehehee. lebay.) tapi kasian kan klau sudah kita dah capek-capek buat terus orang lain tinggal copy paste aja makanya mencoba bergerilya dari jam 6 sore sampai jam 10 malam.

memang seh banyak program yang berkaitan dengan Edit PDF diantaranya yang sudah saya dowload, NovaPdf, Foxit Reader, Nitro PDF, dan masih banyak lagi. tapi sayangnya saya tidak puas dengan semua itu..kenapa ?????? karena semua program hanya trial dan walaupun di crack tetap hasilnya tidak maksimal .. g percaya coba aja…

beruntunglah saya mendapatkan tutorial ini.. terimah kasih kepada pemilik blog Alfarisi. Web.Id Minta izin yach copy paste isi blognya….

” ” ” Mungkin ada kalanya karena suatu alasan Anda ingin melakukan perubahan pada file PDF yang Anda miliki atau Anda peroleh (ntah itu dari mana). Masalahnya adalah bagaimana untuk melakukan hal itu? Jika search di internet, Anda akan menemukan beberapa software yang yang memiliki fungsi khusus seperti itu. Tapi, rata-rata software tersebut berbayar. Jika Anda tidak rela mengeluarkan uang sepeserpun, tapi masih ingin tetap menghargai hak cipta software dengan tidak membajaknya, OpenOffice bisa menjadi solusi alternatif.

Bagi pengguna OpenOffice, sebenarnya tidak memerlukan software tambahan jika ingin melakukan editing pada file PDF. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.

  1. Jika belum memiliki OpenOffice silahkan install terlebih dahulu. OpenOffice dapat di-download secara gratis dari http://www.openoffice.org
  2. Download Sun PDF Import Extension. Silahkan pilih sesuai dengan Sistem Operasi yang Anda gunakan. File-nya juga dapat di-download di website ini, baik itu untuk versi Linux maupun versi Windows.
  3. Jalankan OpenOffice dan pilih menu Tools -> Extension Manager…
  4. Klik tombol Add lalu pilih file Sun PDF Import Extension yang sebelumnya sudah di-download.
  5. Selanjutnya tinggal melakukan import terhadap dokumen PDF yang kita miliki melalui menu File -> Open..
  6. Setelah di-edit Anda dapat meng-export kembali dokumen tersebut ke dalam format PDF melalui menu File -> Export as PDF..
Oh yach tambahan… saya sudah mencoba dan sukses…
Selamat mencoba..