Assalamu Alaikum..

Maaf Saudara-saudara sekalian seiman dan seperjuangan kali ini saya nulis ilmu yang jadul bangett….. tapi kayaknya masih berguna buanget dehh…law g percaya coba tax mbah google gimana “Install Windows XP Tanpa USB Flash Disk dan CD/DVD Room” pasti ora ono jawaban yang jelass….

makax aku coba sharing pengalaman pribadiku….

Ehhmmm……… ngeliat judul postingan kale ini aku juga rada-rada ngeri juga.. abisnya selama ini ilmu yang didapat kan adalah menginstall komputer adalah dengan menggunakan CD Rom / Floppy Disk / USB Flash (ini berkembang belakangan ini). oh yach sekedar refreshing tentang install menginstall kompi ini….

Dulu jaman tahun 2000-an  install kompi masih kebanyakan menggunakan Floppy Disk atau disket sebagai startup (ehhmm.. cara buatnya lewat control panel terus add remove program, create startup disk,,hehehee klau g salah sehhh).  dan ilmu inilah yang membantu untuk menginstall komputer windows xp tanpa floppy, cd room dan usb flash disk.

Oh yachh… dari pada ngalor ngidul dan jadinya dudul kaya si Abdi Praja Tour (…neng Dudullll si penjual tiket) mending saya jelaskan dulu permasalahan saya kaliii aja ada teman sebangsa tanah dan sebangsa air yang mengalami hal serupa….(klau nggak mau ribet khusus batam antar kerumah ajjah + Gorenga+Rokok Sampoerna Mild + Uang 5 Jutaan,,,,hiiihii)

Gini ceritanya Gan…. pada jamal dahulu kala.. pada zaman jahiliyah.. Lahirlah seorang Dudul……… namanya Luke…. nah… si luke inilah pangkal masalahnya….. sekitar  50.000.000.000.000 milyar detik yang lalu  dianya bawa pulang kerumah komputer  3 unit untuk diservice. oh yach komputer ini bukan nyolong lho.. (dia kan orang baek-baek….) tapi dari komputer warnet milik OOM nya di daerah bengkong sana.. menurut penuturan OOM nya 2   komputer rusak mau ganti alat..terus yang 1  nya lambat mungkin mau di apain gitu biar cepat… ..

Waktu terus berjalan.. ya ialah.. klau berhenti mah kiamat dong namax gan… betul betul betull………….. ???

Setelah dilakukan autopsi terhadap kedua bangkai CPU ternyata yang satu g ada memory, terus dipasangin upss.. nyala… artinya Ok tuhhh, terus bangkai kedua ternyata lebih parah… kayakx cpu nya sudah dimutilasi ama si ryan deh… 2 Pin Processor nya patah (socket 478 P4 2,4 Ghz). terus mainboardx sudah bekas di Solder walhasil tampilannya pun Blank……. (layar hitam doang…………cicicicickkkkk………gagal deh…), terus analisa CPU yang ketiga ehhmm.. ini cuma lambat kan.. ok Dehh.. kita nyalain… ohh.. ternyata emang lambat… tapi celakanya g bisa ngapai2in… abisnya terpasang billing Explorer dan password untuk exit billing nya gue kagak tau… hiihii terbuka seh lewat admin dengan pass default 008 tapi g bisa exit billingggg……….akhirnya kepikiran nghapus ntu billing.. yach akhirnya sukses deh tapi masih ada masalah gann.. masih ada folder Faronics di c:… tau kan artinya apa ???? klau ga tau tax OOM nya eahh… akhirnya harddisk digandeng dah faronics nya di hapus… syukur alhamdulilah… Deep Freeze nya g ilang2…. hahahaa.. lupa gue klau ada soft unfreeze atau kill deep freeze ku masih ada… ckckckc.. yach udahlah terlanjurr….. eahh gimana lagi udah terlanjur dibuang semua Folder Deep Freeze nya jadix yang kepaksa deh install ulang…. habis g bisa ngapai2an lagee. deep freeze masih aktif n kita mau lakukan setting di windowsx… (sebenarnya bisa pake cd repair windows tapi ribet n mumet)….

Jadi sekarang isi otakku adalah mesti install ulang itung-itung gan system bisa lebih fresh gitu…. setelah semuanya dipasang… CD Room, Kabel Harddisk muka manyunn…….. hehe.. akhirnya dicoba sebagaimana lazimnya masuk bios setting boot sequence/ boot priority  atau urutan boot  tapi sim salabim… semuanya g ada… artinya boot otomatis… tapi sayangnya setelah utak atik tetap aja g mau dan memang cpu ini boot cuma lewat disketdoang.. (dicoba buat usb boot dengan software Plop Boot Manager tetap g bisa karena biosx g support boot dari usb..

akhirnya diambillah jalan pamungkas… Install Windows XP Tanpa USB Flash Disk dan CD/DVD Room

Beberapa yang harus dipersiapkan.

1. CD ROOM/ DVD ROOM

2. Satu Unit CPU

3. Indomie Goreng +Telur masing-masing 3 buah… (Makaseh Ibu buat Ibu Yuli Novita atas Mie Gorengnya…selama 3 malam berturut=turut… )

4. Cd Boot DOS Bisapake Hiren Boot CD atau Windows Live Cd atau Cd Boot lainnya.. Klau saya pake Windows Live CD

5. Siapkan Ilmu Dos (Disk Operating System).

6. Siapkan Teh dan Biskuit (Thanks Buat Akmal yang sibuk nyiapin biskuit dan Tehnya)..

7. Siapkan Master Windows (saya pake Windows DARK Edition versi 7)

8. Siapkan Kipas angin buat anda yang berbadang Co’mmo..

9. Siapkan Bubur Kacang Ijo + Durian (ini menu terakhir dari Bang lukman  sebenarnya seh aku tau mungkin kesel juga.. ini tukan servis perbaiki atau tukan servis simpan.. karna udah 2 malam service komputer g selesai-selesai juga… jadi dikasih menu Bergizi sedikit biar otaknya agak encer…. dan Alhamdulillah setelah makan bubur kacang + durian (walaupun sedikit…. mau minta nambah tapi kayakx  gada lagi dehh)  akhirnya kerjaan beres total…

10. Kondisi fisik yang mantabsss……… hehee

lanjut Gan… Gini Carane..

1. Gandeng Harddisk a (harddisk yang mau di isi system operasi windows xp) ke CPU Tetangga… terus booting dari CD Room (harddisk b = harddisk asli di cpu yang tempati gandeng harddisk A di lepas aja). jadi di cpu sekarang primary masternya CD room dan Secondary masternya Harddisk A.

2. Booting dari CD Room (pake Cd Hirens Boot Cd atau Windows Live CD tapi ini pake DVD atau cd apa aja dehh yang penting bisa Booting).

3. Terus pilih Hirens boot Cd, terus pilih Dos (terus pilih booting with cdroom jangan pilih booting without cdroom… klau booting with cdroom ini akan booting dengan Ramdrive). atau klau pake Windows Live Cd langsung aja pilih Dos kemudian pilih Boot with cdroom.

4. Ketika masuk maka akan ada beberapa drive… A   adalah Ramdrive, Drive C : adalah Harddisk dan Drive E : adalah Cd Room. (harddisk anda 1 partisi yaitu drive C doang)

Catatan Penting.. Pastikan Harddisk A sudah mempunya format file System Fat32 sebab DOS tidak mengenal NTFS. jika harddisk anda masih Format File NTFS, maka gandeng dulu ke Harddisk B terus Format dengan Struktur file Fat32 (formatnya bisa pake software P. Magic atau Easus Partition Manager atau apa aje dehh )

5. ketika sudah masuk di dos…tinggal ketik Format c: /s (ini gunanya untuk mengikutkan file2 system jadi nantinya bisa booting tanpa cd room atau Flash Disk (isi File System Command.Com, I/O. Sys. dan Ms-dos.Sys) klau g salah sehh..ehhmm jadi ingat mantan siswa2ku dulu di SMK Budi Utomo Sorowako  sering kena hukuman gara-gara g hapal ini… hehehee.. Yudi Lahu,  paling bandel. si Ippank Imoeett LiliPoett… si Ust. Jamal… kcckckck..

6. Lanjut Gan… tapi aku pertamanya juga ga mau justru malah disuruh buat disket startup di windows 98. ehmm g kehabisan akal gan…

terus saya pake program Fdisk bawaan dari dos kok.. di hiren boot cd juga ada ataupun di Windows Live CD. caranya tinggal ketik Fdisk. terus ikuti perintahnya (ingat yang paling terahir pilih y artinya cuma buat 1 partisi aja) sisanya nanti gan di windows aja buatnya…

oh yach di fdisk ada beberapa pilihan, 1 2 3 dan 4.. hehe lupa urutannya tapi ada kok itu.. tinggal pilih. ada creat partisi, delete display coba aja deh gann… klau kurang jelas tanya om google atau email / telp gue juga boleh tapi  khusus cewek yang boleh tlp… hehehe……………

Setelah selesai coba tekan 4 maka akan ditampilkan partisi yang sudah kita buat… klau ada artinya sudah sukses buat partisi di fdisk. lanjuttt gann..

7. coba ketik ini lagi.. format c: /s (yakin pasti sukses dehh…) ciri-cirinya setelah proses ada kata-kata terahir di monitor system transfered itu artinya system telah berhasil dibuat di harddisk.

8. sekarang copy beberapa file penting dari drive A atau drive dimana file2 dos berada.. (misalnya smartdrive, himem. config.sys n dll dehh… pokok copy semua aja, klau g ada cari ditempat lain di internet gan)…

perintahnya gini… pastikan sudah berada di prompt A atau tulisan gini A:> terus ketik Copy *.* C: terus tekan enter..

atau klau pake Hiren Boot Cd Lebih Bagus Lagi.. tinggal masuk ke Drive : atau drive dimana cdroom berada terus ketik Copy *.* C: (walhasil tampilannya nanti sama dengan hiren boot cd ketika boot dari harddisk dan ini sangat memudahkan untuk langkah selanjutnya.

9. setelah ini sukses matikan CPU (g ada shutdown nya yach gan kan masih di DOS) jadi yach dibanting atau turunkan saklarnya biar cpu mati… wkakakakakak.. atau tekan aja tombol powernya)

10. coba Buka Cd room terus pasang Harddisk A di posisi Primary Master (perhatikan urutan bootnya sekarang apa harddisk dikenalin di posisi itu atau tidak). jika dikenalin maka ketika booting anda langsung masuk di dos prompt. tulisannya kayak gini C:>/ heheh Jaduulllllllllll tapi jika gagal artinya kembali kelangkah 4 format ulang dan lakukan Fdisk ulang.. ingat system harus Fat32.

11. Jika sukses maka sekarang pasang harddisk B dan CD room (harddisk A nganggurin dulu gann simpan di lemari atau pojokan dulu eahh….. ntar diambil). terus copy master windows dari Cd room  ke drive Harddisk  b(d atau E atau c).

12. setelah sukses copy2nya matikan dan sekarang pasang Harddisk A di posisi Cdroom (harddisk B di primary master dan harddisk A di secondary master) cd room simpan dulu di bawah bantal gann…… ckckckkc atau jual aja dulu… kemudian copy master windows yang sudah dicopy ke harddisk B ke harddisk A di drive C:

Catatan : cara copy master windwos ini terserah… cuma cara ini yang cepat dan gampang walaupun harus ganti-ganti cdroom dan harddisk.. yang penting ada file installer windows di drive C: pada harddisk A.

13. Ok sekarang saatnya kita beraksi.. artinya Harddisk A sudah berisi File System, untuk boot,  File2 Dos dan  Installer Windows XP kan ??????????????? kalau pusing ke Laut aja lho jadi rumput laut…..heheh

sekarang pasang harddisk di komputer jadul (komputer yang tidak bisa booting dari Cdroom dan USB), terus booting dan seterusnya akan masuk di drive C:/ atau di Dos Prompt. kemudian masuk kedirektory dimana folder windows installer tersimpan. contohnya

Cd Winxp (ini untuk masuk ke folder installer windwos,, teruss masuk ke folder i386 kemudian ketik winnt.exe (maka selanjutnya dimulailah proses instalasi windowss…….. sayangnya untuk windows dark edition serial numbernya saya lupa yang butuh (sms atau telp aja ke 085255076514 ini cewek jombloh lho….. hiii hiihii minta aja serial number windows ama dia…)

14. Jika ada kekurangan File saat intalasi coba ganti master windows atau tulis aja dulu nanti copy belakangan… (sekedar catatan saya mengalami nasib apes karena  kali ganti master windows baru bisa lanjutt gann………. ).

15. setelah selesai jangan lupa beli gorengan eahh……. hehe.. ia buat OOm Lukeman Co’mmo tutorial ini di hapal eahh… lain kali g akan gue bantu lagee.. kecuali kalau bubur kacang ijo nya dalam porsi jumbo…….. hehehee..saya mungkin masih mikir-mikir kok.

Oh ia buat yang baca terus g jelas atau mungkin ada kelupaan jangan segan-segan telp atau kirim comment via FB….