Terlalu Naif rasanya jika aku harus menulis orang-orang terhebat yang pernah memberiku inspirasi, tapi hanya ini yang bisa kulakukan untuk mengucapkan terima kasih. Raga dan jiwaku bersujud dan terpekur mendoakanmu semoga seluruh amal ibadah orang-orang yang pernah sangat berjasa dalam hidupku.

Weitss… kali ini rada serius bo nulisnya. takut salah mendeskripiskan mereka-mereka yang mungkin saat ini telah menjadi orang yang jauh lebih hebat. ehmm.. siapakah mereka. ?????

1. Nurdin  Pawelloi S.Kom Ehhmm (klau g salah tahun 2001 – 2002)

Deskripsi singkat Tentang Beliau.

– Beliau Asli kelahiran Bone, Tapi sekolah di STM Pembangunan Jurusan Dfater  sekarang dah berubah menjadi SMU 5 yang beralamat di jalan Sunu Tembusan Masjid Almarkaz Al Islami, Makassar, – Beliau Lama bekerja di PT. Wijaya Karya pada proyek DAM Bili-bili dMalino dan Jembatan Samping Universitas Muslim Indonesia Jl. Urip Sumiharjo.- Beliau sudah mempunyai istri dan 1 orang anak bernama Fadil (saat itu 1 g tau sekarang.hehhee udah 5 kalee) istrinya bekerja di Dinas AMDAL Kotamadya Makassar. upss punya motor honda supra.

Beliau ini adalah kakak angkatku di kampus dia lebih senior 1 tahun. tapi jurusan kami sama. orang putih cakep klau cukur cepak mirip-mirip polisi, orangnya keras (khas bone… hehehe) dan sedikit egoiss… Addempenggakka daeng.. makanya menurut survei Viva News.com beliau kurang sepaham dengan temen-temen angkatannya. (Lebay.com….)

Aku masih ingat persis waktu itu masih jamannya Rental Pengetikan komputer klau boleh dibilang masih jaman keemasan. saat itu saya telah mempunyai 1 unit komputer (p233 MMX Wuihhh lumayanlah waktu itu dah bisa mutar filmnya nanda Bandung Lautan Asmara, Medan Lautan Birahi. wahahahaa… jadi ingat tabungan dosa… hehe waktu itu belum laris film 3gp. boo..memorinya masih 64 MB ) + Monitor Second 14 ” (belinya ama Om Jahar… eheeh ). Waktu saya sudah terdaftar sebagai mahasiswa tingkat akhir (hahahahahah program D1 managemen informatika STIMIK Handayani).

” ” ” ” Sedikit memori kemiskinan waktu itu..

Setelah beli CPU dapat kiriman dari Ibu yang bekerja dimalaysia sebesar 1.5 Jt. waktu itu belum bisa beli monitor bo.. udah nganggur selama 1 bulan CPU nya akhirnya coba tanya ke temen-temen siapa yang punya monitor nganggur akhirnya bertemulah Saudara Terbaikku Marthen Risal Allo (Keluarga dari pemilik Hotel Terbesar Di Toraja). Akhirnya aku berangkat kerumahnya untuk melihat monitornya. ehhmm sedikit ilmu waktu itu monitornya masih 9 Pin (colokan VGA) sementara CPU klau g salah dah 15 pin atau berapa gitu dhee.. dah lupa juga.. intinya waktu itu nekat mikul monitor itu dari Jl. Panakkukang ke sebuah tempat service di Jl. Pengayoman (depan Computer City Skrg). setelah dibawah monitornya ke lantai 2 tentunya dengan mandi keringat dan capek yang tak terkira kami mencoba menyampaikan masalah kami.. ini pak monitorku mau saya pasang tapi di CPU P233 MX tp G bisa pinnya dibelakang g bisa. kata tukang service bisa aja di perbaiki tapi hasilnya cuma 3 Warna aja………… (ahh ngarang banget neh tukang service… bilang aja g bisa gitu… masa mau nonton Nanda cuma 3 Warna doang… sementara Kamar mandinya kan warna warni…. hahahaaha… Ngrezzzzzzzzz….) yach walhasil cpunya di tinggal dhe kayaknya untuk selamanya disono… kacian banget jadi orang miskin… ” ”  ”

Beberapa Abad kemudian ahirnya saya memiliki juga monitor (waktu itu masih numpang di kamar Kak Ramliah di Jl. Andi Mappanyukki).. setelah melihat perkembangan Rental pengetikan akhirnya mencoba mencari tempat (dah ada modal coyy.. bisa mengetik 11 jari + CPU P 233 MX). heheehe

” ” ” ” Wah jadi ingat kisah bodohnya aqw..

Waktu itu di Sekitar JL. Sultan Alauddin Dekat Show Rom Honda Sekarang ada wartel terus didepannya tertulis

” Membutuhkan Operator Pengetikan Komputer”

heheeheh dengan semangat 45 waktu itu langsung membeli buku 90 menit mahir microsoft word 2000 belajar 3 hari ahirnya tibalah saatnya untuk pergi “test” keperawanan” eitss “kemampuan” setelah shalat magrib dari Jl. Mappanyukki naik mobil sambil baca doa mudah-mudahan bisa diterima. eheheh ngarep banget dhee… setelah sampai di tempat rental pengetikan saya langsung disodori kertas isinya biasa aja.. kepada Yth. bla bla bla la gitu.. tapi yang bikin saya keringat dingin kok ada Garis2 melengkung di 4 sisi kertasnya ?? setelah saya ketik teksnya tiba gilirannya untuk buat garis bingkai.. huffttt…. berputar jam… terus detik demi detik tak terasa 3 jam duduk melamun. akhirnya bapak itu bilang wahh.. kerjaanmu dah bagus..tapi masih harus  belajar lagi nanti kalau dah pintar balik sini lagi… Wuihh gagal dheee…. “””‘ “””

Akhirnya setelah gagal test semakin nekat untuk membuat Tempat Rental Pengetikan Sendiri.  setelah bergerilya di kota makassar pilihanku jatuh ke Sudut Jl. A.P Pettarani , Alauddin Disitu ada tempat Fotocopy (diotak mulai berfikir untuk joint disitu) akihrnya setelah bertanya ke Bpk. H Edirman Syam selalu pemilik Tempat saya mengantongi sebuah nama Nurdin Kuliah di Stimik.. (Weitss itukan temenku ehhmm.. orangnya yang mana yachh..)..

Waktu itu pas pertama kali bertemu di Lab Komputer (lagi kuliah bahasa pemrograman). kenalan dhee..ohh.. orangnya Syeremm.. ahh jadi malaz dhee.. tapi setelah dipikir-pikir beberapa minggu kemudian ahirnya nekat juga jumpai langsung di Pettarani. setelah ngobrol sana sini baru tau klau disitu dia berdua nyewa dengan pak hatta (istrinya kerja di KIMA) sekarang pak hatta dah Jadi PNS di dinas koperasi Soppeng. akhirnya Deal tempat itu disewakan 3 juta jadi saya bagi dua saya 1.500 dan sisanya dibayar berdua pak hatta dan pak Nurdin.

Ahhh… suka duka di mulai belajr bertanggung jawab belajar menyelesaikan masalah dan tentunya dah mulai banyak kesempatan berbuat dosa. huffttt… terlalu banyak kenangan indah maupun pahit yang terlewatkan di tempat itu itulah pertama kali secara profesional (menggunakan otak tentunya) dalam mencari uang…

Oh yach waktu itu aku belum punya modal sendiri untuk beli printer. jadi waktu itu join sama Sulham Masamba (teman kuliah 1 angkatan) karena dia dah punya printer. namun sayangnya dia cuma bertahan selama 1 minggu terus komputer dan printernya diangkat kembali. ahirnya akulah yang kembali melanjutkan usaha itu dengan sebatang kara.

Kisah tragis selama bekerja disitu.

“””” pernah suatu pagi tiba-tiba ada cewek (berkerudung besar yang mau numpang buang air kecil (ditempatku wc nya mesti ngangkat air).. tiba-tiba tuh cewek langsung pipis di depan pintu gitu aja… wuihh.. udah g tahan banget kayakx… terpaksa dhe sambil dia jongkok depan pintu baru minta tolong ambil air… waduhh mana putih manis lagi…. (bayangin aja isi otakku apa).. tapi cueknya setelah selesai ambilkan air Cebok langsung aja ngeloyor pergi tanpa terima kasih.. huffttt.. tinggallah aq dengan seribu pertanyaan….

“””” Printerku tiba-tiba Rusak Wadeouhhhh pusing banget Waktu itu masih pake Printer Canon BJC-1000.

“”””” Harddisk Tiba-tiba Rusak sementara data-data skripsinya orang ada semua didalam.. hancur lebur…

“”””” Pernah kecurian Duit Rp. 20.000 (Wuihh yang nyolong tukang antar kertas langganan yang berkantor di depan Mall Ratu Indah. Jeleknya lagi bossnya si cina itu g mau gantiin duitku. Dasar Cina Sipit Pelit.. (20 Ribu waktu berharga banget lho… )

“”” dijadikan tempat sembunyi Omku yang lari dari istrinya.. (waktu lebaran lageeee….. )

Kisah Menyenangkan selama bekerja disitu.

”””Setiap siang aku makan nasi campur (klau lagi banyak order ketikan). makannya pas dekat lampuh merah waktu itu harganya Rp. 6.000 ayam + telur). Wuih kenyang banget terus beli Surya 1 Batang harga Rp. 500 Rupiah terus duduk di tempat pengetikan hadap ke Jalan raya… Huhh rasanya saat itu sayalah orang yang paling kaya.

“””” aku mempunyai tiga orang “karyawan” cewek  dan 1 Orang Cowok. (yang cowok lupa namanya) yang cewek Namanya Hasmiratiah dan Dewi Sartika. hahahahahaaa inilah karyawan tanpa gaji.. yach katanya seh mereka sambil belajar jadi yach waktu itu memang g ada yang pernah terima gaji. ckckckckc…. tapi mereka semua adalah sepupu terbaik yang aku miliki sampai saat ini. Dewi sartika sekarang sudah menikah dan sudah bekerja di MTC Karebosi (maaf waktu pulang kemarin aku g mampir padahal kita sempat ketemu mata, cuma aku langsung berpaling).. takut ketahuan booo.. cowry yach ika.. ). Hasmiratiah Melanjutkan pendidikan Di Unismuh Makassar Jurusan Akuntansi sambil bekerja di CV. Bila Utara di Jl. G. Merapi. katanya seh sudah selesai kuliahnya dan entah sekarang dah menikah atau belum… hehee Tayangma.. wakakakaa…..

“””” Disinilah ketemu master-master dalam pengetikan, Master Chalik (tetangga kontrakan juga, buka pengetikan, dan sudah menikah dengan kak marwah yang bekerja sebagai PNS di PLS waktu itu sudah punya anak 1 orang)  ini adalah guru besar saya dalam mengetik, terus ada juga penjual koran didepan didepan.. wuihh jago banget ngetiknya dan mereka berdua inilah yang merupakan Master mengetik 10 jari yang aku kenal sampai saat ini. Terimah kasih semuanya atas ilmunya.

“””” Disinilah aku pertama kali belajar Install Windows 98 dan Linux Redhat 6.0 dan tentunya Utak atik hardware (yach muridnya waktu itu Ika sama hasmi). hehehee… Belajar pertama kali tentang jaringan ckckkcc… yang  ajarin Kak Mursalim HSD.

“”””” Setelah usaha semakin maju Bisa punya komputer 2 Unit Boss.. walaupun masih kelas P233 MMX.

“””” Tentunya bisa punya banyak temen waktu itu.. ada pelangganku namanya Dian wuih manis bauanget anak Kelautan Unhas.. dimanakah dirimu sekarang ? terus ada ibu (duhh lupa Anak Kimia Poltek, Terus honor di SMK di Tello, dah menikah dengan keluarga Ketua Poltek), dan masih banyak lagi pelanggan-pelanggan setiaku.. hihiiihii…….

“”””” Akhirnya kemampuanku di akui juga. tetangga sebelah memanggilku menjadi Instruktur (waktu itu dia punya komputer P100 Memory 32 MB) hiihii.. dipake mengajar 4 orang. yach giliran lah siswanya belajar, yang ngajar waktu itu namanya Rais Adek Tingkatku di Jurusan T.I, terus tiba-tiba rusak monitornya akhirnya saya bawalah ke toko langganan saya di MPC tempatnya pak Benny di jalan Pongtiku. waktu itu Pak Kahar masih pake Mobil Merah ehmmm (lupa apa namanya yachh.. ). hehehee.. setelah di service giliran CPUnya yang Ngadat akhirnya aku coba perbaiki walaupun bukan aku 100 % tapi aku bawa ke kawan yang waktu itu service di Talasalapang dan ahirnya CPU itu bagus sekaligus aku ditawarin sambil ngajar disebelah. hehehee.. dan itulah awalnya aku mulai berganti Atasan..

Terimah kasih banyak Pak Nurdin Pawelloi S.Kom kebersamaan kita tak akan pernah kulupakan, kisah hidupku bersamamu adalah kenangan indah yang merangkai bingkai hidupku, dari pertama bisa jalan-jalan naik motor di kota makassar, belajar Fotocopy, Belajar Mandiri, Belajar bawa mesin potong rumput, Belajar Autocad, makan bersama, mendapat nasehat dan cerita bersama semua itu adalah bingkai terindah dalam hidupku. suatu saat nanti aku akan cerita semuanya kepada anak cucuku…

Semoga Allah membalas semua kebaikan Bapak. (ehehe… kemarin mau mampir ke Sudiang tapi lupa2 ingat rumahnya dimana ?…. ) nantilah klau pulang pak aku mampir lagi… )..