Yach kedengarannya seh memang linux dimana-mana itu unggul dan sayapun mengakuinya, tapi waktu satu yang mengganjal di hati saya sebab memang selama ini saya menggunakan linux pada komputer dengan kualitas hardware yang high end dan tentunya fasilitas mewah telah include didalamnya.

pengalaman cukup lama menggunakan suse 10.1 (sekaligus dijadikan sistem operasi server), memang normal berjalan karena waktu menggunakan komputer core2duo dengan ram 1 gigabyte.

tapi sekarang yang saya gunakan hadwarenya memprihatinkan, memory 512 itupun masih sdr, pentium 4 2.0 Ghz, monitor 14″ n beberapa hardware jadul lainnya. tapi aku jauh lebih puas daripada menggunakan windows. kepuasan saya ialah :

1. Ketika saya browsing menggunakan modem ZTE MF626 dengan network settingan Automatic koneksinya tidak pernah GPRS doang selalu dapat EDGE.

2. Download 8 MB cuma butuh waktu 5 Menit.

3. browsing web chat jauh lebih cepat menggunakan firefox, saya menggunakan gyachi untuk chat, pake webcam pun jauh lebih gampang n gambarnya g putus-putus normal seperti saya menggunakan Jaringan Speedy ataupun 3gp.

4. Urusan download saya g tau tapi yang jelas 281 mega bisa selesai kurang dari 1 jam. saya g tau apa ini hebat atau tidak dari ukuran pada umumnya karena ketika saya pake windows 2 mega aja masih butuh waktu lebih dari 5 menit.