Alhamdulillah… akhirnya bisa kembali lega setelah sekian lamanya mutar-mutar nyari referensi ternyata yang goblok mah aku….untuk instalasi modem di Ubuntu ternyata gampang. untuk tipe modem ZTE MF262 di Ubuntu 8.04 filenya dah ada di modem itu sendiri. jadi guampang tinggal ikutin aja prosedurnya. atau klau kurang jelas juga bisa langsung ke

sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli barang apalagi yang berkaitan dengan linux, butuh wawasan dan informasi awal dulu. dan yang lebih penting adalah browsing di web penyediabarang tersebut dan ada customer solutionnya apa tidak, sebab begitu banyak barang yang aneh buat linux.. heheeheh cuapek deh… lanjutkan kerjanya boo… langsung kesini http://www.indosatm2.com/popup.php/consumer-solution/settings/id:94/

A. Spesifikasi Teknis

Type : USB
Merk : ZTE
Model : MF626

Networks Sys. HSDPA/UMTS/GSM/GPRS/EDGE/GSM
Frequency Band HSDPA/UMTS : 2100/1900/850 MHz
EDGE/GPRS/GSM : 1900/1800/900 MHz
Transmission (Max. data rate) UMTS : 384 Kbps UL

HSDPA : 3.6 Mbps DL

Dimension 69mmx26.5mmx12mm
Memory Expandable with MicroSD (can be used as a memory stick)
Weight 30g
USIM & SIM Standard pin 6 interface
LED Indicating HSDPA/UMTS status
Auto Installation Support
Antenna Internal antenna
RX Diversity Not support
Equalization Support
Temperature Storage temperature : -20°C ~ +60°C

Operation temperature : -10°C ~ +55°C

System Required Windows 2K/XP/VIsta, Mac OS
Certification & Approval CE Certification, ROHS, WEEE
Chipset MSM6246

B. Instalasi Driver

1.      Masukkan Modem 3.5G ke dalam slot USB, tunggu beberapa saat sampai modem terdeteksi dan muncul gambar seperti di bawah ini:

2.      Kemudian double klik pada Linux dan akan terlihat ada beberapa folder di dalamnya seperti pada gambar di bawah ini:

3.      File yang akan digunakan untuk melakukan instalasi driver modem MF626 ada pada folder UBUNTU. Sebelum melakukan instalasi file im2-1.0.0B01.deb, install terlebih dahulu 2 file yang ada pada folder SUPPORT agar tidak muncul dependency warning.

4.      Double click pada SUPPORT, kemudian double click pada file libaudio2_1.9-2_i386.deb. Akan muncul window dengan tombol ”Install Package”. Klik tombol tersebut.

5.      Ubuntu akan memulai instalasi file sampai dengan selesai.


6.      Setelah selesai, install dengan cara yang sama file libqt3-mt_3.3.8really3_3.7-0ubuntu11_i386.deb seperti dibawah ini:

7.      Setelah instalasi kedua file tersebut selesai, kembali ke folder LINUX dan pilih folder UBUNTU. Double click pada file im2-1.0.0B01.deb



8.      Setelah proses instalasi selesai, jalankan aplikasi dengan memilih menu Applications – Internet – IM2 Broadband 3.5G

9.      Window aplikasi modem ZTE kemudian akan muncul. Tunggu beberapa saat sampai dengan tulisan ¨State: Initializing…¨ pada bagian bawah aplikasi modem berubah menjadi ¨State: Disconneted¨.

10.  Untuk melakukan perubahan setting, klik tombol yang ada di tengah (berbentuk seperti gear)

11.  Tampilan pada Tab Security Settings:

12.  Tampilan pada Tab Network Settings: