Pusing juga jadinya setelah install ubuntu 8.04 semuanya alhamudulillah lancar, dari lancard, soud (tapi download dulu repositorynya) tapi harus konek ke internet atau ada dvd reponya.

setelah itu setting printrer cukup lancar semua via grafis kok, printer Canon Pixma 1450 syukurlah semuanya lancar. tinggal yang bikin kesel adalah OM PIDGIN yang tidak mau konek-konek neh..padahal dah bikin user n protokolnya benar via yahoo.

browsing sana sini cari pidgin, gyachi, or dll deh buat chat di linux, tapi semua pada ngecewain ternyata setelah browsing-browsing ini dia jawabannya..

Sudah sejak beberapa hari ini bagi mereka yang menggunakan Pidgin atau Gyachi akan mengalami kesulitan dengan koneksi ke Yahoo Messenger. Hal itu disebabkan karena kemungkinan adanya perubahan pada server mereka ke software versi baru dan versi yang baru ini memerlukan metode otentikasi baru yang belum didukung oleh Pidgin.

Jika kita menggunakan Pidgin maka yang terjadi adalah tidak bisa koneksi sama sekali ke Yahoo tapi jika kita menggunakan Gyachi kita bisa login tapi hanya bisa menerima pesan saja tanpa sama sekali bisa mengirimkan pesan.

Solusi yang termudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mendownload dan lalu menginstal Pidgin versi terbaru yaitu versi 2.5.7, baik itu untuk versi Windows maupun untuk versi Linux. Untuk Linux bisa mengikuti petunjuk instalasi yang ada di website Pidgin dan jika ternyata belum bisa juga maka bisa langsung instal dari source code.

Sedangkan bagi mereka yang malas untuk menginstal versi terbaru dari Pidgin dan khususnya yang menggunakan Gyachi maka ada cara mudah untuk membuat Pidgin dan Gyachi anda kembali berfungsi.

Pidgin

1. Buka Pidgin dan arahkan ke Accounts — Manage Accounts

2. Klik account Yahoo yang kita miliki lalu klik tombol Modify

3. Klik tab Advanced

4. Rubah field Pager Server dengan:

cn.scs.msg.yahoo.com

5. Klik Save dan lalu coba login menggunakan account Yahoo kita

Gyachi

1. Buka Gyachi lalu pilih Connect, jika kita menggunakan setingan otomatis maka kita harus disconnect terlebih dahulu

2. Di jendela GYachE Improved: Yahoo! Login tepatnya di field Server isikan dengan:

cn.scs.msg.yahoo.com

Cara mengisinya cukup arahkan kursor ke kotak isian dan lalu ketik.

3. Lalu klik Login

Dengan server cn.scs.msg.yahoo.com memang kita bisa terhubung dengan Yahoo tapi jika seandainya nanti ada perubahan di server Yahoo maka kita bisa merubah alamat servernya dengan daftar-daftar server di situs ini.

Semoga berhasil🙂