Untuk pertama kalinya bisa nginstall n configurasi LInux ubuntu selama berada dibatam, kepulauan riau  sejak tahun july 2008. hehehemm.. akhirnya pada hari ini 25 Januari 2010 akhirnya bisa juga nginstall Ubuntu + configurasi jaringan n sekarang lagi download repository untuk MP3 dan tentu saja untuk 3gp (hehehemm… extensi file kegemaran gue tuh….)..

dan Alhamudlillah sekarang dah bisa dengar lagu… ehmm lagi nungguin bisa mutar 3GP nehh…

oh yach kesulitan yang paling aku rasakan adalah tentunya UP Lan Card yang harus disetting di console dulu..

hehehe sekedar ngingetin neh…

harus masuk sebagai root

sudo su (biar masuk sebagai root) bedakan kalau $ ini  artinya masih user tapi klau # artinya dah login sebagai root jadi tidak perlu memasukkan password berulang-ulang.

ok untuk masuk ke console bisa lewat terminal atau lewat CTRl + ALT + F1.

kemudian ketik

Vi /etc/resolv.conf

terus ketikkan

ifconfig eth0/eth1 192.168.1.73 up (sesuaikan dengan ip anda )

nameserver 192.168.1.10 (ini adalah ip untuk server anda klau ada local atau dari isp anda)

route add gateway 192.168.1.10 (kebetulan sama dengan nameservernya karena saya setting di client)..

klau salah tolong di perbaiki suhu yach..

oh yachh.. klau sudah ketik

/etc/init.d/networking restart atau langsung restart sekalian linuxnya..

wahh tulisah ini singkat amat dan jelek sama seperti orangnya tapi setidaknya bisa mengingatkan saya tentang ilmu yang pernah saya dapat 3 tahun lalu.. aminn..