http://www.ubuntu-id.org/news/kpli-makassar-mengadakan-pesta-rilis-hardy-dan-blankon

KPLI Makassar mengadakan Pesta Rilis Hardy dan BlankOn

KPLI Makassar atau yang lebih dikenal dengan LUGU (Linux User Group Ujung Pandang) mengadakan Pesta Rilis Ubuntu Hardy Heron dan BlankOn Lontara pada tanggal 10 Mei 2008 dengan mengangkat tema “Lontara, menuju masyarakat berbasis TI”. Acara yang berlangsung MTC Karebosi Lt. 4 Makassar ini sebagian besar dihadiri oleh kalangan guru dan siswa dari SMU, SMK, dan Madrasah dari kota Makassar, Kabupaten Maros, Gowa dan Takalar dengan jumlah 117 orang. Ketua LUGU, Arman Satari mengatakan bahwa

peserta dibatasi hingga 100 orang karena keterbatasan tempat dengan tiket untuk pelajar 15.000 dan umum 20.000 yang pada tanggal 8 Mei sudah terjual habis.

HRP Makassar

Lebih lanjut Arman Satari mengungkapkan bahwa pesta rilis ini bertujuan untuk mengenalkan perangkat lunak yang bebas, terbuka dan legal kepada semua kalangan khususnya di dunia pendidikan dan pemerintahan. Dan dengan slogan “Distro Linux yang nakke banget”, diharapkan BlankOn Lontara sebagai salah satu sistem operasi yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan di Makassar.

Acara dimulai dengan sambutan dari ketua LUGU, kemudian pembahasan tentang penggunaan perangkat lunak bebas dan terbuka di sekolah oleh Ridwan A Kambau dari SSCI (Sekolah Cerdas Indonesia). Pesta Rilis ini di buka oleh walikota Makassar yang diwakili oleh Kepala Dinas Infokom kota Makassar Takdir Alim Bahri yang sekaligus meluncurkan pemakaian BlankOn di Makassar. Materi tentang Ubuntu dan BlankOn dibawakan oleh Muhammad Takdir yang dilanjutkan dengan demo-demo multimedia ubuntu dan BlankOn yang disertai dengan efek 3D desktop oleh Asri Rachman.

Acara yang dimulai pada pukul 10.00 itu menarik perhatian dari para peserta untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Ubuntu dan BlankOn tapi masih banyak yang belum tahu bagaimana memulai proses migrasinya. Setiap peserta mendapatkan CD BlankOn desktop Lontara, buku panduan BlankOn, piagam, snack dan juga doorprise dari sponsor. Kegiatan ini rencananya akan ditindaklanjuti dengan roadshow linux untuk pendidikan.

Info lengkap tentang persiapan pesta rilis ini bisa merujuk ke http://wiki.ubuntu-id.org/HRPMakassar.